Skip to content
June 11, 2010 / mutiaranews

GELAR PEREKRUTAN TENAGA KERJA

SISWA SMK BERINTERAKSI LANGSUNG DENGAN PENYEDIA LAPANGAN KERJA

Gelar perekrutan langsung tenaga kerja untuk berbagai perusahaan dalam dan luar negeri yang dilakukan oleh penyedia lapangan kerja mendapat sambutan positif masyarakat terutama para pencari kerja yang selama ini belum mendapatkan pekerjaan. Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Latihan Kerja Kabupaten Temanggung belum lama ini dan diikuti oleh puluhan stand perusahaan penyedia kerja dari Jakarta dan Malaysia. Bursa perekrutan tenaga kerja dengan label Job Fair ini berlangsung selama 2 hari belum lama ini dan berhasil merekrut 110 tenaga kerja untuk mengisi lowongan pekerjaan di berbagai rumah makan dan restauran di Jakarta serta pabrik elektronika di Malaysia.

Ajang perekrutan tenaga kerja tersebut juga dikunjungi oleh peserta didik SMK di Kabupaten Temanggung yang memang dikerahkan dari sekolahnya agar para siswa langsung berinteraksi dengan penyedia lapangan kerja. Tujuannya adalah agar para siswa memahami proses penyaluran tenaga kerja serta kualifikasi yang dibutuhkan. Lulusan SMK dipersiapkan secara mandiri mampu menjadi tenaga kerja terampil dan berkualitas serta profesional dalam melaksanakan pekerjaannya. Kemandirian itu dilandasi dengan pengetahuan yang mamadahi sesuai bidang dan jurusannya sehingga penyedia lapangan kerja tinggal memberdayakannya secara optimal sesuai jenis pekerjaan yang dikerjakan.

Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas Kerja Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Kabupaten Temanggung SFK. Kuntjoro, SH, MM mengatakan, dengan berinteraksi langsung di bursa tenaga kerja maka para siswa SMK akan mempersiapkan mental dan pengembangan diri untuk bisa memenuhi persyaratan kualifikasi yang ditentukan oleh penyedia pekerjaan. “Mereka memiliki gambaran setelah lulus mau melamar kemana, bahkan sejak saat ini bisa dilakukan kerjasama untuk perekrutan tahun depan sehingga siswa lulus bisa langsung diterima di perusahaan yang membutuhkan”, paparnya.

Para siswa tidak sekedar mengetahui jenis lowongan yang dimungkinkan bisa dimasuki kelak, tetapi juga menerima penjelasan mengenai berbagai proses produksi dan pekerjaan yang harus dilakukan oleh tenaga kerja sesuai job yang ditawarkan. Forum ini bisa meningkatkan semangat belajar siswa SMK karena dengan mengetahui formasi-formasi yang kelak bisa dimasuki, maka minat belajar menjadi lebih kuat disertai harapan meraih nilai baik dan mudah diterima di tempat kerja yang sesuai. –( Budhy HP )—

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: