Skip to content
June 11, 2010 / mutiaranews

KARYA WISATA SD NEGERI 2 JAMPIROSO TEMANGGUNG

MENGENAL DUNIA PEWAYANGAN DI PANDAWA WATER WORD

Slogan pariwisata Indonesia adalah Cintai Negerimu, Kenali Negerimu yang didukung dengan program Tahun Kunjungan Wisata Indonesia 2010 (visit Indonesia Year 2010). Dalam prakteknya di Jawa Tengah akan dikembangkan menjadi Pariwisata Masuk Sekolah dengan tema Cintailah Jawa Tengah. Dalam mendukung dan menjabarkan prgram tersebut, SDN 2 Jampiroso Temanggung mengadakan karya wisata untuk siswa kelas VI dengan tujuan destinasi Pandawa Water Word di Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah belum lama ini. “Ada pembelajaran tentang  dunia pewayangan Pandawa Lima sehingga kami mengajak siswa kesana”, kata Sri Laksitawati, S.Sos Kepala SDN2 Jampiroso.

Wahana permainan air sekarang menjadi trend bukan hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Banyak tempat wisata permainan air yang terkenal seperti Bumi Serpong Damai (BSD) di Banten, Wisata Bahari Lamongan di Jawa Timur, Pikatan Water Park di Temanggung, Owabong di Purbalingga dan lain sebagainya. Tetapi makna dari Kenali Negerimu adalah mengenal daerahnya sendiri terlebih dahulu sebelum daerah orang lain. Tujuannya agar bisa menjadi tuan rumah yang memberikan pelayanan memuaskan sesuai Sapta Pesona. Bagaimana bisa memberikan informasi kepada orang lain kalau tidak mengenali daerahnya sendiri. Itulah yang melatarbelakangi pariwisata masuk sekolah dan berharap para siswa dapat mengenal obyek-obyek wisata di Jawa Tengah.

Tentu harus dengan arahan dan bimbingan para guru agar dapat secara aklamasi memilih tujuan wisata di Jawa Tengah menjadi destinasi utama. Pilihan karya wisata SDN 2 Jampiroso Temanggung sangat berarti bagi siswanya untuk membekali diri dengan pengetahuan tentang Pandawa Lima. Ini nantinya menjadi tugas guru ketika melakukan evaluasi hasil kunjungan ke obyek wisata Pandawa  tersebut. Sebab pada saat siswa datang ke lokasi, yang ada dibenak mereka hanyalah bermain dengan suka cita. Tetapi ingatan mereka tidak akan lupa ketika di kelas guru memberikan komentar-komentar dan penjelasan bahkan tanya jawab dengan siswanya mengenai dunia pewayangan yang digambarkan di obyek wisata permainan air itu.

Di Pandawa Water World, siswa bisa menikmati berbagai wahana air. Di atas area 3,5 hektar ini tersedia banyak wahana permainan seperti Black Hole Slide, Raft Slide, Kresna Wave Pool, Bima Slide, Gatutkaca Bungy Tower and Pool dan masih banyak lagi. Kresna Wave Pool adalah permainan air yang paling disukai pengunjung. Karena di sana setiap satu jam sekali datang sebuah ombak. Tanpa harus pergi ke pantai para pengunjung bisa menikmati gulungan-gulungan air. Tak heran jika selama 15 hingga 20 menit saat ombak datang, semua berlari ke Kresna Wave Pool. Setelah air tenang, wahana ini kembali lengang.

Black Hole Slide, tak kalah menarik. Tempat ini didesain seperti gua. Untuk meluncur kesana, pengunjung akan memasuki sebuah terowongan mirip gua lengkap dengan stalakmit. Pengunjung yang melewati gua bisa meluncur di dalam pipa gelap sepanjang kurang lebih 500 meter. Replika gua ini bisa dipakai bersamaan, tak harus sendiri. Karena di sana disediakan tempat serta ban untuk penumpang single dan double. Meski terlihat menakutkan, namun banyak juga yang berminat. Teriakan selalu terdengar saat penumpang Black Hole Slide melewati jalur menegangkan tersebut.

Sesuai namanya, Pandawa Water World, Pandawa Lima diabadikan di sana. Melihat hiasan dalam kolam renang itu, terjadi perpaduan antara unsur modern dan tradisonal. Sebuah pembangunan tanpa meninggalkan unsur budaya. Pengunjung tak sekadar bermain dalam dunia air, tetapi melakukan apresiasi terhadap dunia pewayangan. Mengapa objek wisata ini menampilkan tokoh-tokoh pewayangan? ”Supaya anak-anak sedini mungkin dikenalkan dengan budayanya sendiri. Supaya mereka mencintai wayang, bukan mencintai spiderman atau superman,” kata Sri Laksitawati yang memperoleh informasi wisata dari Pandawa.

Bagi yang suka tantangan terjun dari ketinggian, disediakan Bungy Tower atau menara loncat. Dari menara setinggi 47 meter ini mereka yang gemar tantangan terjun dari tempat tinggi, bisa merasakan kenikmatan. Atraksi ini juga bagian dari test adrenalin. Kresna setinggi 37 meter nampak gagah menghiasi gua buatan yang di bawahnya dikitari genangan air kolam. Di sebelah kanannya, Satria Pringgodani Raden Gatotkaca dalam posisi terbang seakan turun dari angkasa. Di depan Gatotkaca, Bima alias Sena menggenggam gada Rujakpolo seolah-olah siaga menghadapi musuh. Itulah sekilas cerita Pandawa Lima dalam visualisasinya di obyek wisata air ini. –(Budhy HP)—

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: